HAKAMA

Apa Itu Hakama?

Hakama adalah bagian pakaian tradisional Jepang. Jika dilihat dari bentuknya, terdapat dua jenis Hakama yaitu Hakama yang tidak memiliki belahan pada bagian kakinya sehingga berbentuk seperti rok, dan Hakama yang memiliki belahan sehingga berbentuk seperti celana. Yang digunakan dalam Aikido adalah Hakama yang berbentuk seperti celana. Pada awalnya, Hakama hanya digunakan sebagai pakaian para pria saja, dan saat ini Hakama sudah digunakan umum dan sudah tak jarang lagi kita lihat dipakai oleh wanita maupun pria. Salah satu kegunaan Hakama adalah untuk menyembunyikan gerakan kaki ketika berhadapan dengan musuh.

Hakama bukan sekedar berbentuk seperti celana yang lebar tetapi juga memiliki bentuk yang unik. Terdapat 4 tali pengikat pada Hakama yang disebut Himo. Dua Himo terdapat di masing-masing sisi bagian depan dan dua lainnya terdapat di masing-masing sisi bagian belakang. Pada bagian belakang Hakama terdapat bagian seperti papan yang disebut Koshi-Ate. Dibawahnya terdapat Hakama-Dome yang akan diselipkan ke sabuk. Oleh karena itu cara memakai dan melipat Hakama lebih sulit daripada celana biasa.

Terdapat 7 lipatan pada Hakama yaitu 2 di bagian belakang dan 5 di bagian depan. Lipatan-lipatan tersebut adalah bagian yang mengandung filosofi yaitu merupakan merupakan simbol-simbol yang melambangkan nilai-nilai
– jin (benevolence) atau kasih sayang,
– gi (justice) atau keadilan,
– rei (politeness) atau kesopanan,
– yuu (bravery) atau keberanian,
– makoto (veracity) atau kejujuran,
– meiyo (honor) atau kehormatan, dan
– chuugi (loyalty) atau kesetiaan.
Dan dengan memakai Hakama, pemakai Hakama diharapkan menjunjung tinggi nilai-nilai yang dilambangkan tersebut.

Perbedaan antara  Hakama laki-laki dan perempuan

Perempuan jarang mengenakan hakama untuk acara-acara formal atau upacara minum teh. Hanya kadang-kadang, mereka akan memakai hakama pada praktik seni bela diri atau wisuda. Hakama wanita memiliki sedikit variasi dari laki-laki hakama. Pakaian wanita berbeda dalam desain, kain, dan mengikat. Sebagai contoh, hakama perempuan terdiri dari satu warna atau kain gradasi warna. Wanita mengenakan hakama di tepat pinggang mereka, sementara laki-laki memakainya di bawah pinggang.

Jenis – jenis Hakama:

1. Umanoribakama

75-4-601-m

Jenis Hakama ini seperti kedua tungkai di bungkus seperti memakai celana panjang sehingga dapat mudah bergerak. Hakama ini biasanya dipakai saat latihan Bela Diri Jepang seperti Kendo, Aikido, dan Kyuudoo.

2. Andonbakama

 HAKAMA

Jenis hakama ini seperti halnya rok. Andonbakama tidak membungkus kedua belah tungkainya dan tidak bisa leluasa bergerak. Hakama ini biasanya di pakai para Mahasiswi bersama dengan koburisode (sejenis kimono)  sewaktu wisuda.

3. Nobakama

godaime nobakama

Jenis Hakama ini Bagian Pergelangan kaki di buat agak sempit sehingga pemakai dapat leluasa bergerak. Hakama ini biasanya di gunakan pada kehidupan sehari-hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s