Kimono Accessories

Kimono pada umumnya memiliki lebih dari 15 pendamping,  antara lain :

1. Juban/ underwear, dibagi 2 macam :
a. Hadajuban
HadajubanWomen_50

Adalah underwear lapis pertama, dipakai sebelum nagajuban

b. Nagajuban
nagajuban_da_donna_320x200

長襦袢, atau juban yang sederhana. Diapakai oleh laki-laki dan perempuan. Naga juban berfungsi untuk melindungi kimono dari bersentuhan dengan kulit. Hanya tepi kerah nagajuban yang terlihat dari kimono luar. Banyak nagajuban yang kerahnya tidak terlihat, untuk memungkinkan mereka akan berubah untuk menyesuaikan dengan pakaian luar, dan mudah dicuci tanpa mencuci seluruh pakaian. Sedangkan jenis yang paling formal nagajuban berwarna putih, mereka sering sebagai hiasan indah dan berpola sebagai kimono luar.Karena kimono laki-laki biasanya cukup tenang dalam pola dan warna, nagajuban memungkinkan untuk diam-diam memakai desain dan warna yang mencolok.

2.Obi

obi

Obi adalah ikat pinggang lebar dari kain yang dikenakan sebagai pelengkap kimono, pakaian khas  Jepang. Biasanya obi disimpul ke belakang mengikat hiasan menyerupai bantal yang fungsinya sebagai penyangga badan agar tetap tegak. Seiring zaman, obi tampil lebih praktis dan gaya sebagai pengganti ikat pinggang.

3. Eri sugata

erisugata

(衿 姿) adalah kerah terpisah yang dapat dipakai sebagai pengganti nagajuban di musim panas, ketika bisa terlalu panas untuk nyaman memakai sebuah nagajuban. eri sugata mengganti kerah nagajuban dalam mendukung kerah kimono itu.

4. Date eri
Light green Date-Eri

Adalah bagian yang berbentuk persegi panjang yang dibuat untuk menyerupai kerah kimono yang dilipat. Ini adalah aksesori dekoratif digunakan dalam gaya formal kimono perempuan antara kerah nagajuban dan kimono meniru penampilan seperti mengenakan kimono lapisan tambahan di bawahnya.

5. Datejime
datejime001

(伊達 締め) adalah kain panjang dan luas yang digunakan untuk mengikat nagajuban dan kimono luar dan menahan mereka di tempat.

6. Hakama
75-4-601-m

(袴?) adalah pakaian luar tradisional Jepang yang dipakai untuk menutupi pinggang sampai mata kaki.

7. Hanten
hanten_kabuki_blue2

(袢 缠) adalah pakaian versi pekerja yang lebih formal dari haori. Sering kali digunakan sebagai pakaian hangat, bahan hanten yang agak berat bertentangan dengan happi yang agak ringan.

8. Haori
haori120w

(羽 织) adalah baju-panjang seperti jaket kimono, yang menambahkan formalitas untuk baju. Haori awalnya hanya dipakai oleh laki-laki, sampai kemudian menjadi fashion untuk perempuan pada periode Meiji. Mereka sekarang dipakai oleh laki-laki dan perempuan. haori Pria biasanya lebih pendek daripada yang perempuan.

9. Haori himo
(羽 织 纽) adalah sebuah teli tenunan berumbai pengikat untuk haori. Warna paling formal adalah putih.
Haorihimo dubagi 2, untuk perempuan dan untuk laki-laki.

a. haori himo untuk perempua

nhaori himo_ladies

b. haorihimo untuk laki-laki

haori_himo man

10. Happi
happi-blue

(法 被) adalah jenis haori tradisional dikenakan oleh penjaga toko dan sekarang sebagian besar berkaitan dengan festival.

11. Hiyoku
hiyoku

(ひよく) adalah jenis kimono kurang formal, biasanya dikenakan oleh wanita di acara-acara formal di bawah kimono. Saat ini mereka hanya dikenakan pada acara-acara resmi seperti pernikahan dan acara-acara sosial yang penting lainnya. kimono kelas tinggi mungkin memiliki lapisan tambahan di bawah lapisan utama untuk meniru tampilan baju utama, hiyoku dikenakan di bawah.

12. Kimono slip
kimono slip

(着物 スリップ, Kimono surippu. susoyoke dan hadajuban digabungkan menjadi satu potong pakaian.

13. Koshihimo
800px-Koshihimo

(腰 纽) adalah sebuah sabuk sempit yang digunakan untuk membantu dalam berpakaian, sering terbuat dari sutra atau wol. Mereka digunakan untuk menahan gerakan apapun di tempat selama proses berdandan, dan dapat digunakan dengan berbagai cara tergantung pada apa yang dikenakan. Beberapa karihimo dikeluarkan setelah datejime atau obi telah diikat, sementara yang lain tetap dikenakan di bawah lapisan gaun itu. The karihimo yang dipakai di pinggang untuk menciptakan tambahan flip atau ohashori di kimono perempuan disebut koshihimo,  atau pita pinggang.

14. Netsuke
RyusaNetsuke

merupakan ornamen yang dikenakan tergantung dari obi pria.

15. Obijime
roobijime_zps96ea57dd

(帯締め) tali yang dikalungkan pada obi perempuan. Hal ini diperlukan untuk terus menjaga kimono ditempat yang seharusnya, dan berfungsi sebagai unsur dekoratif.

16. Obimakura
obimakura

(帯 枕) adalah sebuah bantal kecil yang digunakan untuk memberikan volume dan memberi bentuk pada gaya obi perempuan.

17. Obiage
Obiage_Brownshibori-800x800

(帯揚げ) adalah aksesori untuk obi perempuan, selempang yang terikat di sekitar tepi atas penutup obi dan  obimakura  dan dapat menyimpan bagian atas dari “simpul” musubi obi di tempat.

18. Obi ita
obiita

(帯 板) merupakan sebuah papan tipis, seringkali kain yang tertutup, yang dipakai di bawah obi perempuan di depan obi utama supaya terhindar dari semakin kusut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s